Latest News And Info-Interesting Info

MAKANAN KHAS PALEMBANG SUMATERA SELATAN

makanan khas sumatera selatan sumatera selatan

Makanan khas dari daerah Palembang Sumatera Selatan yang terkenal satu ini terbuat dari ikan dan sagu. Makanan  yang akrab kita dengar satu ini yaitu Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang. Untuk menyantap Pempek atau Empek-empek makanan khas Palembang ini biasanya empek disertai oleh saus berwarna hitam kecoklat-coklatan yang disebut cuka atau yang bahasa Palembangnya disebut cuko.
 Cuko ini dibuat dari air yang dididihkan, yang kemudian ditambah berbagai macam bahan lainnya seperti gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Bagi masyarakat asli Palembang, cuko dari dulu dibuat pedas untuk menambah nafsu makan. Nah salah satu pelengkap dalam menyantap makanan berasa khas ini adalah irisan timun segar dan mie kuning.
Makanan khas Palembang Sumatera Selatan yang disebut Pempek atau Empek-empek yang satu ini dibuat dengan berbagai jenis, dan jenis pempek yang terkenal adalah "Pempek Kapal Selam", yaitu terdiri dari telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
Nah sekian kuliner kita dari daerah Palembang Sumatera Selatan yang satu ini jika ingin mencoba makanan yang satu ini bisa ditemukan dengan gampang di setiap sudut Kota Palembang. Ada yang menjual di restoran, ada yang di gerobak, dan juga ada yang dipikul. Juga setiap kantin sekolah pasti ada yang menjual pempek dan mungkin daerah sekitar kita juga ada yang telah membuka usaha yang satu ini.

0 komentar:

Post a Comment